Lazismu Ponorogo Dorong Pengembangan UMKM Melalui Bantuan Usaha kepada Pak Poniman

Diposting : 29 Februari 2024
Dilihat : 237 kali

Lazismu Ponorogo melakukan langkah nyata dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menyalurkan bantuan usaha kepada Pak Poniman, seorang pengusaha lokal yang bergerak dalam produksi keripik di Desa Bedi Kulon, Kecamatan Bungkal pada 27/2/24.

Bantuan yang disalurkan berupa mesin potong pembuat kripik, perlengkapan packing, dan branding produk senilai Rp 5.000.000. Ini merupakan langkah strategis Lazismu Ponorogo dalam memberikan dukungan kepada UMKM untuk meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas jangkauan pasar.

Juni Handoko, S.Pd, selaku Manager Program Lazismu Ponorogo, mengungkapkan, "Poniman memiliki minat dan mentalitas usaha yang kuat meskipun menghadapi keterbatasan ekonomi. Kami melihat potensi besar dalam semangat dan ketekunan beliau untuk mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, kami merasa perlu untuk membantu dengan memberikan peralatan yang dibutuhkan agar produksinya dapat meningkat dan lebih bervariasi."

Lebih lanjut, Juni menegaskan komitmen Lazismu Ponorogo untuk terus memberikan dukungan kepada UMKM binaan melalui pelatihan, pendampingan, serta bantuan dalam memperluas pangsa pasar. "Kami tidak hanya berfokus pada tingkat lokal dan regional, tetapi juga bertujuan untuk membantu UMKM tumbuh hingga skala nasional," tambahnya.

Sebelum menerima bantuan ini, Pak Poniman masih menggunakan metode produksi tradisional yang mengakibatkan keterbatasan kapasitas produksi. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan produksi keripik dapat ditingkatkan secara signifikan.

Sebagai bagian dari program pendampingan yang berkelanjutan, Lazismu Ponorogo akan terus mendampingi Pak Poniman dalam proses perizinan dan perluasan akses pemasaran. Dengan adanya bantuan ini, Poniman kini kembali bersemangat untuk melanjutkan usahanya yang sempat terhenti.

Dengan langkah nyata ini, Lazismu Ponorogo menegaskan peran pentingnya dalam mendukung pengembangan UMKM sebagai salah satu pilar ekonomi lokal yang kuat dan berkelanjutan.