Perolehan Hewan Qurban Capai 616 Ekor Sapi dan 1038 Ekor Kambing: Muhammadiyah Ponorogo Tunjukkan Semangat Berkemajuan

Diposting : 17 Juni 2024
Dilihat : 353 kali

Hari Raya Idul Adha, yang juga dikenal sebagai Lebaran Haji atau Hari Raya Idul Qurban, adalah salah satu perayaan penting dalam agama Islam. Tahun ini, Idul Adha dirayakan pada tanggal 10 Dzulhijjah, yang bertepatan dengan tanggal 17 Juni 2024.

Pelaksanaan sholat Idul Adha Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Ponorogo tahun ini dilaksanakan di Stadion Bathoro Katong Ponorogo. Acara tersebut diikuti oleh warga Muhammadiyah serta warga sekitar yang turut khusyuk dalam mengikuti sholat Idul Adha. Sebelum pelaksanaan sholat dimulai, panitia mengumumkan data perolehan hewan qurban yang dihimpun oleh Lazismu Daerah Kabupaten Ponorogo.

Dalam wawancara, Sigit Hariyanto, S.E., selaku Kepala Kantor Lazismu Daerah Kabupaten Ponorogo, mengungkapkan bahwa perolehan hewan qurban Idul Adha 1445 H di PDM Ponorogo mencapai 616 ekor sapi dan 1038 ekor kambing. "Konsolidasi Data Laporan Perolehan Hewan Kurban Muhammadiyah se-Ponorogo Idul Adha 1445 H adalah sapi 616 ekor dan kambing 1038 ekor," ungkap Sigit.

Sigit menambahkan bahwa Lazismu Ponorogo menghimpun pelaporan data hewan qurban Muhammadiyah se-Ponorogo yang selanjutnya akan dilaporkan oleh PHBI sebelum sholat Idul Adha dimulai. "Hal demikian menjadi agenda rutin tahunan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pengelolaan hewan qurban Muhammadiyah kepada publik," jelas Sigit.

Lebih lanjut, Sigit menjelaskan bahwa hewan qurban yang dikelola oleh setiap PCM/PRM/AUM akan disembelih di setiap kecamatan masing-masing dan kemudian dibagikan kepada mereka yang berhak menerima. "Selain memenuhi syariat Islam, hal ini juga menjadi salah satu cara untuk syiar dakwah Muhammadiyah Ponorogo," tambah Sigit.

Di akhir wawancara, Sigit menyampaikan terima kasih atas partisipasi masyarakat yang telah mempercayakan penyaluran hewan qurbannya kepada Muhammadiyah. "Semoga ibadah qurban tersebut diterima Allah SWT dan kelak menjadi sarana untuk mengantarkan kita semua di Surga Allah," tutup Sigit.

Perayaan Idul Adha tahun ini di Ponorogo tidak hanya menjadi momentum untuk beribadah, tetapi juga untuk menunjukkan semangat berkemajuan dalam gotong royong dan kepedulian terhadap sesama melalui pembagian hewan qurban. Semoga semangat ini terus terjaga dan semakin menguatkan ukhuwah Islamiyah di Kabupaten Ponorogo.

 

Rahmat Fandi / Lazismu Ponorogo